Breaking News
Loading...

Susunan Dasar Pemrograman HTML Untuk Template Blogger


Susunan Dasar Pemrograman HTML Untuk Template Blogger - Kali ini Blogger Modis akan share ilmu nih sedikit tentang dasar-dasar Pemrograman HTML.Pemrograman ini sangat penting di dunia Design Web karena memang dalam dasar Design Web Menggunakan HTML yang juga terdapat CSS dan Javascript untuk Blogger. Untuk Web Profesional juga terdapat HTML,CSS dan Javascript namun ditambah dengan PHP dan MySQL.

Pengertian HTML
 
Html adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa standar yang digunakan oleh browser untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. Untuk mempelajari web, maka html adalah pelajaran pertama. Tak sulit, cukup menggunakan notepad, atau aplikasi dreamweaver bagi tingkat lanjutan.


Susunan Dasar HTML


<HTML>
<head>
</head>
<body>
</body>
</HTML>

Anda bisa lihat di kode di atas, penjelasannya sangat mudah seperti ini :

1. <HTML> adalah kode identitas dari bahasa pemrograman dari HTML.

2. Setiap kode yang dipanggil pasti mempunyai penutup, contoh lihat di kode <head> atau <body>, bisa kita lihat kode <head> di tutup dengan </head> dan <body> ditutup dengan </body>. Setiap kode penutup menggunakan Slash (/). Ada 2 cara menutup kode, yang pertama adalah cara di atas yang dimana kode pembuka untuk ditutup diberi Slash (/) , yang ke 2 dengan cara memberi slash di akhiran kode pembuka. Contoh saja saya ambil untuk penulisan pencarian source kode Javascript seperti ini <script src='https://deris-cole.googlecode.com/svn/branches/HiglightSyn.js'></script> bisa anda tulis menjadi ini <script src='https://deris-cole.googlecode.com/svn/branches/HiglightSyn.js'/>.

3. Fungsi <head> adalah untuk meletakan CSS style, Meta Tag, dan Title. CSS style adalah setelan untuk bagaimana nanti tampilan dari HTML kita. Untuk Penjelasan lebih rinci tentang CSS bisa nanti anda lihat di postingan selanjutnya. Meta tag adalah suatu kode atau serangkaian kode HTML yang di pasang di dalam template suatu blog yang bertujuan untuk membantu web robot google dalam menganalisa seluruh konten (isi artikel) dari blog. Sehingga akan memudahkan dalam mengindeks / Crawling blog kita. Dan Title adalah judul dari HTML kita.

4. Fungsi <body> berguna untuk tempat dimana kode perintah digunakan, letak dari semua content seperti main post, widget maupun menu navigasi ada disini.

5. Lalu ada yang namanya Javascript, di dalam HTML biasanya terletak di atas kode </body>. JavaScript adalah bahasa scripting yang paling populer di internet dan bekerja pada banyak browser seperti Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Netscape, Opera. JavaScript digunakan pada Web pages untuk meningkatkan design, validate forms, detect browsers, create cookies, GUI dsb.Banyak sekali fungsi dari java script. Bagi pemula (seperti saya), mengenal lebih jauh java script adalah program lanjutan, kelak jika akan membuat web provesional

Contoh HTML Sederhana

<HTML>
<head>
<title> Contoh HTML </title>
</head>
<body>
<h1> Ini Contoh Judul Post </h1>
<p> Ini Contoh Isi Postingan yang bisa di isi dengan kemauan penulis. <p>
</body>
</HTML>

Silahkan anda copy kode diatas lalu simpan dengan Notepad. Ingat simpan dengan extension ( .html ) lalu buka dengan browser.

Logika Sederhana HTML

Bermain HTML itu seperti kita menumpuk Kertas.




1. Yang pertama adalah Body, di dalam Body itu terdapat Outer-Wrapper
2. Di dalam Outer-Wrapper terdapat Header-Wrapper dan Main-Wrapper.
3. Di Header-Wrapper terdapat Header ( Judul-Blog ) dan Navigasi atau Menu.
4. Di Main-Wrapper terdapat Main-Post dan Sidebar untuk Widget.

Nah semoga buat anda yang ingin belajar HTML jadi tahu dasar-dasar tentang HTML. Sekian post kali ini, semoga bermanfaat bagi anda.


Template Kaka Responsive V.1. Blogger Modis
Copyright © 2013. Blogger Modis - Proudly powered by Blogger - All Rights Reserved